|

Gandeng BNSP, Lurah Cilangkap Laksanakan Pelatihan Tukang Tata Udara

Kolase foto Lurah Cilangkap Kecamatan Tapos Depok, Teguh dan Lembar Laporan pelaksanaan sertifikat kompetensi profesi teknisi perawatan AC residensial 

Media Nasional Obor Keadilan - Depok, 22 Oktober 2024
– Dalam upaya memberdayakan masyarakat serta meningkatkan keterampilan warga, Lurah Cilangkap, Kota Depok, Jawa Barat, menyelenggarakan pelatihan tata udara yang bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pemanfaatan anggaran kelurahan yang telah diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait penggunaan dana Kelurahan.

Program pelatihan perbaikan dan perawatan AC ini bertujuan untuk memberikan keterampilan profesional kepada warga, yang sekalian telah disertifikasi oleh BNSP, sesuai dengan standar kompetensi kerja yang berlaku secara nasional. Lurah Cilangkap, Teguh, melalui Gilang selaku Pejabat Kasi Ekbang Kelurahan Cilangkap, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mendukung pencapaian hak-hak ekonomi warga Cilangkap Tapos Depok, sebagaimana dijamin dalam Undang-Undang tenaga kerja.

Berikut dibawah ini serifikat komtensi salah seorang peserta warga kelurahan Cilangkap 

Perlu diketahui, pelaksanaan program ini juga didasarkan pada komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Depok dalam masa kampanye, di mana setiap kelurahan dijanjikan alokasi dana Kelurahan sebesar Rp 5 miliar per kelurahan walaupun realisasinya cuma Rp 2,5 Miliar. Pengalokasian anggaran ini pun terbagi dua: Kirsaran Rp 1 milyar buat Infrastruktur dan Rp 1,5 Milyar buat dana dana seremonial semacam ragam sosialisasi biasanya dikerjakan tim internal PNS Kelurahan kerja sama dengan sedikit kaum ibu ibu yang telah terbentuk sejak lama, "menurut / meminjam istilah salah satu ketua LPM itu ke itu aja oragnya."

Program pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan kesempatan kerja baru dan mendukung pemberdayaan masyarakat dalam mencapai kemandirian ekonomi, sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang diatur dalam regulasi Nasional.

Lampiran laporan pelaksanaan sertifikat kompetensi profesi teknisi perawatan AC residensial, Kerjasama Lembaga sertifikasi profesi elektronika dengan Kelurahan Cilangkap Tapos tahun 2024
Kegiatan pelatihan ini tercatat lembaran Negara portal LKPP dan menelan anggaran cukup dinamis yakni sebesar Rp 91 000.000. Dideskripsikan dengan 3 kategori pencairan dana yakni: 

1. (45754890) Uang peserta 

     kegiatan service AC  Rp 14.000.000

2.(Kode RUP  35913326) Sertifikasi Pelatihan 

     Rp 25 000.000

3.(Kode RUP 35913397) Pelatihan service AC 

     Rp 52.302.000

Selain Kegiatan pelatihan service AC ini, masih ada kegiatan pelatihan lain di kelurahan Cilangkap Tapos yaitu pelatihan kecantikan yang juga menggelontorkan uang Negara (APBD) sebesar Rp 75.000.000. namun demikian kegiatan ini belum dilaksanakan hingga berita ini naik, hal ini disampaikan langsung oleh Gilang bagian seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang).


Komentar

Berita Terkini